MENGATUR PARAGRAF DAN SPASI PADA MICROSOFT WORD 2013

Jika sobat sudah terbiasa berkunjung ke blog atau sering membaca majalah. pasti sobat akan menemukan pada baris pertama di setiap paragraph tulisannya aga masuk kedalam. Kalau dalam Microsoft word itu namanya special first line. Sedangkan untuk bullet and numbering di baris pertama akan menggantung keluar. Dalam istilah Microsoft word disebut dengan special hanging.

Hal serupa juga biasa sobat temukan saat membaca sebuah buku atau makalah. Setting layout diatur sedemikian rupa, supaya tampak rapih dan enak dibaca. Nah… pada tutorial Microsoft kali ini, saya akan share cara mengatur paragraph pada sebuah buku atau makalau, supaya lebih terlihat rapih. Yang demikian itu tentu akan menambah nilai plush.

Pada pengaturan paragraph ini kita akan melakukannya dengan cara otomatis. Jadi kita tidak usah memberi pengaturan disetiap paragraph secara manual. Karena hal itu tentu akan merepotkan kita. Sebagai mana yang sudah kita ketahui bersama. Di Microsoft word ini banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis. Seperti membuat nomor halaman, membuat daftar isi, mengurutkan nama sesuai abjad dan lain-lain.

Cara Mengatur Paragraf di MS. Word 2013

1. Pertama Buka Office 2013 Atau sobat bisa membuat document baru untuk latihan mengatur paragraph di Microsoft word. Jangan Lupa Pada tutorial, saya selalu menggunakan Microsoft office 2013.

2. Block bagian paragraph yang akan kita atur, kemudian klik menu home > panah kecil yang ada di samping tulisan paragraph.



3. Kemudian pilih first line, jika menginginkan baris pertama agak masuk kedalam. Dan pilih hanging jika sobat menginginkan baris pertama menggantung keluar. mengatur jaraknya pun sangat mudah, cukup pada kolom by yang berada di sebelahnya.

Sebagai tambahan keterangan :
Alignment untuk mengatur rata kiri (Ctrl + L), rata tengah (Ctrl + E), rata kanan (Ctrl + R) dan rata kiri kanan (Ctrl + J).

Direction untuk mengatur arah mengetik. Right to left yang berarti mengetik dimulai dari kanan ke kiri, biasanya digunakan untuk pengetikan bahasa arab. Baca tutorial cara mengetik bahasa arab di Microsoft word. Sedangkan left to right digunakan untuk bahasa latin.


Identation untuk mengatur awal dan akhir jarak penulisan. Dipengaturan inilah kita bisa mengatur baris pertama masuk kedalam atau menggantung keluar
Spacing untuk mengatur jarak dari baris pertama dengan baris berikutnya

Semoga dengan tutorial yang sederhana ini, penulis bisa memberikan ilmu yang bermanfaat terlebih di akhirat kelak bisa menjadi amalan yang baik.

Belum ada Komentar untuk "MENGATUR PARAGRAF DAN SPASI PADA MICROSOFT WORD 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel