MEMBUAT DAFTAR ISI AGAR RAPI DI WORD 2013

Halo pembaca budiman, kali ini kita akan membahas teknik menulis daftar isi sebuah dokumen dan bagaimana cara membuatnya menggunakan Microsoft Word. Daftar isi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah dokumen atau file. Gunanya adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui apa saja informasi dalam dokumen tersebut.

Dalam sebuah buku, daftar isi adalah salah satu komponen yang wajib ada. Oleh karena itu, semua penulis wajib mencantumkan daftar isi dalam naskah bukunya. Tidak hanya dalam penulisan buku, daftar isi juga penting dalam penulisan karya tulis ilmiah seperti skripsimakalah, tesis, disertasi, dan lain-lain. Apa saja manfaat daftar isi pada sebuah buku?

Pertama, informasi awal tentang apa saja yang akan dibahas pada buku tersebut. Memang beberapa buku menuliskan sinopsisnya di bagian belakang buku untuk memberi tahu pembaca tentang garis besar topik-topik yang akan dibicarakan pada bukutersebut. Daftar isi berisi informasi tentang topik-topik bahasan pada buku secara lebih rinci yang meliputi bab dan subbab.

Kedua, mempermudah pembaca menemukan informasi dalam buku. Isi buku dikelompokkan berdasarkan bab dan subbabnya. Untuk mempermudah pembaca menemukan bab pembahasan yang dicari, maka diperlukan adanya daftar isi. Karena pada daftar isi terdapat informasi halaman atau alamat dimana bab itu berada. Oleh sebab itu dengan adanya daftar isi pembaca juga dimudahkan untuk mencari halaman pada buku tersebut.
Ada banyak cara untuk membuat daftar isi dengan menggunakan aplikasi office di komputer. Ini bisa dibuat dengan cara manual, semimanual, dan otomatis. Kebanyakan orang masih menggunakan cara manual untuk membuat daftar isi. Hal ini karena mereka belum tahu cara membuat daftar isi secara otomatis. Bahkan ada yang tidak tahu bahwa daftar isi bisa dibuat secara otomatis.
Pada artikel teknik menulis ini akan kita bahas bagaimana cara membuat daftar isi TIDAK yang otomatis dengan aplikasi office di komputer. Dalam hal ini kita akan menggunakan Microsoft Word 2013.

Terlihat rapi bukan, oke kita akan bahas satu per satu mulai dari awal, sekarang kita buka dulu office word kita.


Selanjutnya buat sebuah left tab pada ruler, silahkan perhatikan gambar berikut dengan seksama dan tempo sesingkat singkatnya. 

klik dua kali pada left tab tersebut, dan akan muncul tampilan baru seperti ini, lalu pilih nomer 2. yang ..... dan klik OK

Silahkan kembali pada tulisan kata pengantar, lalu tekan pada keyboard tab. Dan secara otomatis titik akan bertambah sebagaimana mestinya dan tertata rapi.


Oke, cukup sekian tutorial kali ini. Semoga bisa menjadi lahan ibadah bagi penulis dan tercatat sebagai amal sholeh di akhirat kelak, jangan lupa klik share jika informasi ini bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "MEMBUAT DAFTAR ISI AGAR RAPI DI WORD 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel